Sejarah alat pengolah limbah plastik menjadi bahan bakar : triPOD-4M


Sejarah alat pengolah limbah plastik menjadi bahan bakar :  triPOD-4M


Keresahan akibat sampah plastik saat ini sudah semakin berkurang, hal ini berkaitan dengan semakin beragamnya inovasi yang diciptakan  masyarakat dalam mengelola limbah jenis ini. Salah satunya adalah alat pengolah limbah plastik sederhana yang diciptakan oleh Tri Handoko,  seorang guru di SMKN 3 Kimia Madiun. Alat yang telah banyak beredar dan digunakan masyarakat peduli lingkungan ini diberi nama triPOD-4M.

triPOD-4M merupakan alat untuk mengolah limbah plastik menjadi BBM skala model yang sudah cukup banyak digunakan. Penyebarannya mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Irian, Bali serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Terakhir alat ini dicoba diterapkan untuk menangani masalah sampah plastik yang mengancam pantai indah disepanjang Desa Geliting, Kecamatan Kewapante, Sikka -  NTT. Masyarakat disana diajari bagaimana pengoperasian alat ini dan sekaligus cara pembuatannya. Di Pulau Jawa alat ini sudah tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Sleman serta beberapa kota di Jawa Timur.

Pembuatan alat pengolah limbah plastik  yang praktis dan murah ini, merupakan pengembangan yang terus menerus dan terarah dari sebuah penelitian pencarian energi alternatif serta upaya penyelamatan lingkungan yang dilakukan di SMKN 3 Madiun. Hal ini sesuai dengan visi sekolah ini, yaitu SMKN 3 Madiun sebagai sekolah bertaraf internasional yang berbasis industri serta berwawasan lingkungan. Dengan visi yang demikian mendorong sekolah ini untuk aktif mengikuti berbagai lomba inovasi teknologi dan lingkungan,  serta banyak hasil membanggakan yang sudah didapat.

Inovator dari alat ini adalah Tri Handoko, guru yang sehari-hari mengajar mata pelajaran utama yang berkaitan dengan kelistrikan. Meskipun begitu selama karirnya sebagai guru tak kurang sudah sebelas kompetensi keahlian yang diajarkannya, mulai dari fisika, elektrolisa, penanganan korosi, mesin boiler, mesin penukar panas, pengelolaan limbah padat/cair, elektronika,  bahkan mata pelajaran komunikasi interpersonal serta seni budaya pernah dipegangnya juga. Pengalaman pekerjaannya juga cukup menarik. Tri Handoko pernah bekerja sebagai tukang bengkel servis alat rumah tangga, operator fotocopy serta operator traktor pembajak sawah. Keluasan wawasan dan pengalamannya menjadikannya sebagai rujukan tempat bertanya. Banyak industri yang sudah berkonsultasi ke sekolah serta beberapa lembaga telah mengundangnya sebagai narasumber untuk berbagai permasalahan, teman-teman dekatnya menjulukinya sebagai sang maestro.

Penelitiannya dibidang energi alternatif mulai dilakukannya sejak tahun 2008.  Sementara pengembangan alat pengolah limbah plastik yang diberi identitas proyek  triPOD  diawali tahun 2009 semenjak dia mendapatkan kesempatan mendampingi siswa-siswinya kunjungan industri di daerah Jogja. Di sana didapatinya peralatan yang dapat digunakan untuk memproses tempurung kelapa untuk dijadikan asap cair ( liquid smoke). Pada saat mengajar mata pelajaran Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ), Tri Handoko menemukan hakekat dari api dan bahan bakar. Pada dasarnya komponen utama dari  bahan bakar  itu tidak lebih dari molekul hidrokarbon, yang itu juga merupakan molekul penyusun dari plastik, hanya saja bagaimana cara mengambil komponen tersebut dari plastik membuatnya harus bekerja keras memutar otak. Kejadian di Jogja tersebut telah membuatnya melonjak kegirangan, apa yang selama ini menjadi masalah telah dengan jelas terpampang didepan matanya.

Yakin bahwa apa yang dicarinya sudah diketemukan,  semangatnya semakin berkobar.  Kendala berikutnya muncul karena alat seperti yang ada di Jogja harganya cukup tinggi baginya. Sementara yang diperlukannya hanyalah alat kecil untuk membuktikan hipotesanya bahwa hidrokarbon pada plastik dapat diekstrak. Maka aksi layaknya Mac Gyver –pun dilakukannya. Bahan-bahan bekas yang ada disekitarnyapun mulai diutak-utiknya, ada kaleng roti, pipa bekas AC, bekas wadah kopi dirakit  agar segera dapat dibuktikan hipotesanya selama ini. Hasilnya ternyata luar biasa, plastik yang semula berbentuk lembaran-lembaran pada akhirnya telah berubah menjadi cair dan dapat terbakar seperti apa yang selama ini diharapkannya. Eureka..! eureka…..!

Sampai saat ini proyek triPOD masih berlangsung. Terakhir telah dikembangkan seri AP (aplikasi praktis) yang diharapkan dapat dipakai oleh masyarakat sebagai sarana pemusnahan limbah plastik yang mengancam lingkungan sekaligus sebagai upaya mandiri energi untuk masyarakat. Hal ini sesuai dengan nama triPOD yang merupakan singkatan dari teknologi rakyat Indonesia - Plastic Oil Destilator. Perkembangan alat triPOD (minus yang seri AP) dapat diceritakan seperti berikut dibawah ini
               


                Setelah melakukan beberapa kali percobaan dengan peralatan tersebut, diperoleh data bahwa hasil minyak atau kondensat tidak stabil. Pada suatu waktu menghasilkan minyak dengan kualitas baik, tetapi tidak jarang juga dihasilkan minyak yang berbentuk pasta kental atau membeku pada saat disimpan pada suhu kamar.
Berbekal pengalaman ketika mengajar materi Elektrolisa dan Elektroplating, Tri Handoko menduga bahwa kejadian tersebut diakibatkan oleh molekul akhir yang terbentuk tidak stabil dan berikatan terlalu panjang akibat ikatan rangkap yang terlalu banyak. Hal ini bisa terjadi pada saat pemecahan molekul plastik, energi pemecah ( panas ) kurang sehingga tidak mampu menghancurkan molekul plastik menjadi molekul yang lebih halus, juga adanya saluran pelepas tekanan yang dimaksudkan sebagai pengaman telah melepaskan pula lebih banyak atom hidrogen dan molekul-molekul pendek yang sempat dihasilkan. Berdasarkan hipotesa tersebut selanjutnya dikembangkan peralatan seperti terlihat pada gambar dibawah:


Percobaan demi percobaan dilakukan dengan alat yang baru dibuat tersebut dan didapatkan fakta yang menggembirakan. Dengan alat ini diperoleh dua hasil yang berbeda pada masing-masing destilator; pada kondensor – 1 didapatkan hasil berupa cairan yang berwarna kuning kecoklatan dan viscositas yang lebih tinggi, sedangkan pada kondensor – 2 diperoleh cairan yang sangat jernih dan viscositas lebih rendah. Ketika diadakan uji nyala ternyata hasil dari kondensor-1 menyala merambat, sedang dari kondenser-2  menghasilkan nyala spontan. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa hasil dari kondensor-1 adalah minyak yang setara dengan minyak tanah dan hasil dari kondensor-2 menghasilkan minyak setara bensin. Berbekal hasil ini Tri Handoko menghubungi Iswahyudi, orang yang pernah mendorongnya  melakukan pencarian bahan bakar alternatif untuk melakukan tes laboratorium mengenai kandungan minyak plastik tersebut. Sampel minyak selanjutnya diberi sandi MIRA-1 dan MIRA-2, yang merupakan singkatan dari Minyak Rakyat-1 dan Minyak Rakyat-2. Hasilnya uji dengan Gas Cromathography menunjukkan bahwa minyak yang dihasilkan mendekati GC dari crude oil minyak bumi dengan komponen C-8 yang sangat dominan. Kelemahan alat yang dibuat adalah adanya residu berupa padatan yang tertinggal pada reaktor yang terbuat dari bekas kaleng roti tersebut. Usaha untuk meningkatkan suhu pemanasan terkendala pada rusaknya reaktor dan sambungan-sambungan pipanya.
Pengalamannya pekerjaan sebagai teknisi mesin-mesin pendingin ( kulkas- AC), menuntunya pada penggunaan bekas kompresor kulkas yang pernah dibongkarnya dan tergeletak digudang. Alat tersebut selanjutnya diutak-utik dan munculah alat distilator yang memakai bekas kompresor kulkas sebagai reaktornya.



Dengan penggunaan bekas kompresor kulkas sebagai reaktor , maka permasalahan menaikkan suhu proses cracking dapat diatasi. Pada reaktor sudah hampir tidak ada residu yang tersisa dan produk minyak yang didapat meningkat menjadi setara berat bahan baku yang diproses. Jadi bila plastik yang diproses beratnya 1 kilogram maka akan didapat minyak kurang lebih 1 liter dari kondensor-1 dan kondensor-2.
Kekurangan dari alat ini terletak pada bongkar-pasang rektor  saat melakukan pengisian bahan baku terkait kontruksi kompresor kulkas yang dibelah tersebut. Untuk mengatasi hal ini, perhatian Tri Handoko selanjutnya tertuju pada tangki LPG 3 Kg  yang banyak tidak dipakai pada saat itu. Rupanya sosialisasi pengoperasian kompor LPG bantuan pemerintah masih kurang maksimal sehingga banyak warga yang masih takut memakainya. Tangki LPG yang sudah ada draat untuk tempat niple regulator sangat memudahkan pekerjaannya. Dengan pipa air bekas ukuran setengah dim yang ada ulir pada ujungnya dapat dengan mudah dipasangkan pada tangki, sehingga akhirnya tangki reaktor diganti dengan bekas tangki LPG 3 kg yang dimodifikasi dan pipa penyalur kondensat memakai bekas pipa air ukuran setengah dim.


Seiring dengan semakin banyaknya media, baik cetak maupun televisi yang menayangkan temuan ini menyebabkan SMK Negeri 3 Madiun kebanjiran tamu yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang proses dan alat ini, mulai dari perorangan, sekolah, dinas maupun LSM lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut akhirnya diciptakanlah seri TRIPOD-4M yang diarahkan untuk pelatihan-pelatihan maupun proses pengelolaan sampah plastik sekala kecil. Keunggulan seri ini ada pada kemudahan untuk dibongkar pasang (knock-down) dan ringkas sehingga cocok untuk dipakai saat pameran ataupun saat diundang sebagai narasumber pada seminar atau pelatihan pengelolaan limbah.


Penggunaan triPOD-4M  yang dikombinasikan dengan tungku tomcat (plesetan dari tong cat) yang dapat menggunakan bahan bakar sampah daun , limbah gergajian, rumput atau jerami memberikan hasil yang sangat ekonomis mengingat harga minyak yang semakin melambung akhir-akhir ini

untuk pemesanan dan pelatihan, silahkan lihat artikel terbaru
http://givuin.blogspot.com/2013/09/alat-pengolah-limbah-plastik-menjadi.html

atau hubungi Tri Handoko - SMK Negeri 3 KIMIA Madiun
081330411417

90 komentar:

Anonim mengatakan...

kisah yang menarik, semoga yang lain segera menyusul

Anonim mengatakan...

Foto dari alatnya mana? masa cuma sketsa doang, jangan pelit ahhh

Anonim mengatakan...

kisah yang menarik, semoga yang lain segera menyusul

Anonim mengatakan...

kalo udah diproduksi, berapa harga alatnya?

buruh negara mengatakan...

kalau berkenan. nanti saya upload fotonya. untuk harga berkisaran 2 jt an, tergantug bahan .

Anonim mengatakan...

kalau itu kondensor diganti dengan radiator bekas bs g ya??
cara merancangnya ada hitungan2 nya g ya , kalau ada gmn ??

Anonim mengatakan...

data-data yang hrs dicari untuk merancang pirolisisnya dan kondensernya apa aja ya ???

Anonim mengatakan...

berapa harga minyak hasil kondensasi nya per liter?

buruh negara mengatakan...

hasil belum diperjualbelikan

obat herbal untuk penyakit sirosis hati mengatakan...

mantaaap gan,,kreatif abisss

pengobatan tradisional liver akut mengatakan...

luar biasa kreatifnya gan

cara tuntaskan batu ginjal mengatakan...

terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

cara tuntaskan penyakit jantung mengatakan...

artikelnya bagus,,,
terimakasih atas informasinya
izin share_

cara mengobati penyakit beri-beri mengatakan...

kreatif sekali gan,,lanjutkan karya nya gan

obat herbal radang tulang belakang mengatakan...

terima kasih banyak gan untuk infonya

khasiat kulit manggis mengatakan...

ini dia blog yang keren,,

Unknown mengatakan...

bermanfaat bgt,
terimakasih ats informasinya,.
izin share

CARA TUNTASKAN DIABETES SECARA ALAMI mengatakan...

sangat bermanfaat,
terimakasih atas informasinya.

khasiat kulit manggis untuk jantung bengkak mengatakan...

sangat kreatif sekali gan

obat tradisional stroke mengatakan...

terima kasih gan untuk infonya

obat ampuh mengobati demam berdarah mengatakan...

terimakasih atas informasinya
ijin share

cara cepat tuntaskan rasa sakit pasca opersi caesar mengatakan...

thanks atas infonya gan
:)

obat ampuh mengatasi cacar air dengan cepat mengatakan...

makasih infoemasinya

obat ampuh mengatasi cacar air dengan cepat mengatakan...

makasih informasinya

obat ampuh tuntaskan luka bakar dengan cepat mengatakan...

Makasih infonya...

cara cepat tuntaskan asma mengatakan...

makasih informasinya

cara ampuh mengobati korengan secara alami mengatakan...

makasih informasinya
ijin share gan

pengobatan tradisional penyakit kelenjar tiroid mengatakan...

keren artikelnya , bermanfaat pula bisa menambah pengetahuan

obat vitiligo alami mengatakan...

makasih infonya menarik,,,

Cara tuntaskan penyakit asam urat alami mengatakan...

MAKASIH INFONYA

pengobatan tradisional maag kronis mengatakan...

terimakasih atas infonya gan,sangat bermanfaat

car tuntaskan penyakit jantung koroner secara alami mengatakan...

ijin menyimak

obat mujarab untuk melancarkan haid alami mengatakan...

ijin share and ijin nyimak

zihan mengatakan...

ijin share

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Secara Alami mengatakan...

artikel yang agan posting ini sungguh bermanfaat dapat membantu menambah wawasan kami.. terimakasih banyak.

cara mengobati benjolan di mulut rahim mengatakan...

info dan blog nya keren gan

obat herbal kista ovarium mengatakan...

kreatif banget , keren gan

obat tradisional radang amandel mengatakan...

bagus artikelnya, saya tunggu artikel selanjutnya ya

pengobatan alami kelenjar getah bening mengatakan...

semoga artikelnya bermanfaat untuk para pembaca ya gan

Cara Membuat Konsentrat Paling Mudah mengatakan...

Artikel yang bagus, sangat bermanfaat, Makasih

Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar mengatakan...

sangat menarik artikel yang agan posting,, thanks ya..

cara cepat tuntaskan penyakit jantung koroner mengatakan...

terima kasih banyak gan untuk infonya

cara menyembuhkan peradangan di hati mengatakan...

infonya sangat kreatif sekali gan

Obat Herbal Kista Mujarab Tanpa Operasi mengatakan...

sangat bermanfaat gan,, ane tunggu ya artikel" selanjutnya.
thanks gan

Tips Merawat Luka Bekas Operasi Caesar mengatakan...

informasi yang sangat menarik, saya tunggu artikel" selanjutnya ya gan.
thanks

cara cepat menyembuhkan asam lambung tinggi mengatakan...

terima kasih banyak gan untuk infonya

Obat Penyembuh Luka Operasi Caesar mengatakan...

keren gan artikelnya, sangat membantu untuk menambah wawasan.
thanks gan.

Cara Mudah Tuntaskan Penyakit Diabetes Melitus mengatakan...

informasi yang sangat bermutu, menambah wawasan kami.
terimakasih banyak gan :)

Cara Mengobati Luka Caesar Agar Cepat Kering mengatakan...

informasi yang sangat menarik, thanks ya gan.

Cara Tuntaskan Penyakit Jantung Abnormal mengatakan...

keren artikelnya sangat menarik dan juga bermanfaat,
thanks ya gan.

Obat Herbal Tuntaskan Jantung Bocor mengatakan...

sangat bermanfaat gan,, ane tunggu ya artikel" selanjutnya.

Pantangan Setelah Operasi Caesar mengatakan...

informasinya sangat menarik dan juga bermanfaat untuk menambah wawasan saya.
terimakasih banyak gan :)

cara menyembuhkan gastroenteritis mengatakan...

info yangsangat keren

Obat Tradisional Untuk Penyakit Kuning Atau Liver mengatakan...

sangat bermanfaat gan,, ane tunggu ya artikel" selanjutnya. Thanks gan

Cara Mengurangi Resiko Diabetes mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kami.
Jangan lupa ya kunjungan baliknya :)
thanks gan

obat tradisional stroke mengatakan...

terima kasih banyak ga

Kandungan Dan Manfaat Jelly Gamat Gold-G mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :)

Obat Herbal Tuntaskan Penyakit Tipes mengatakan...

asiik ilmu pengetahuan ku bertambah lagi nih,, thanks ya gan

Cara Tuntaskan Penyakit Cacar Air mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :)

cara menyembuhkan kista ginjal mengatakan...

keren...terima kasih gan untu infona

Info Kesehatan mengatakan...

bermanfaat bgt,
terimakasih ats informasinya,.
izin share

Solusi Terbaik Untuk Penderita Alergi Debu mengatakan...

Memang ilmu itu bisa didapat dari mana saja, termasuk dari artikel ini. thanks ya gan artikelnya sangat bermanfaat.
jangan lupa kunjungan baliknya ya gan.

Obat Tradisional Untuk Penyakit Kuning Atau Liver mengatakan...

informasinya singkat namun penuh arti dan sangat bermanfaat.
thanks bos.

Coretan Tentang Kesehatan mengatakan...

hebaatt,, kreatif banget gan..
thanks ya atas ilmunya,,
hehe jangan lupa kunjungan baliknya ya gan

Cara Cepat Memulihkan Luka Caesar mengatakan...

informasinya sangat menarik dan bermanfaat, menambah wawasan saya.
thanks ya

Pengobatan Penyakit Darah Manis mengatakan...

sangat kreatif sekali
ane tunggu info terbarunya ya

Coretan Tentang Kesehatan mengatakan...

sangat bermanfaat gan infonya.
sorry ya blogwalking :D
jangan lupa kunjungan baliknya gan hehe
thanks ya

Obat Herbal Osteoporosis Untuk Lansia mengatakan...

bermanfaat sekali gan, ditunggu artikel-artikel selanjutnya ya.
thanks

Pusat Penjualan Obat Herbal Jelly Gamat Gold-G mengatakan...

sampah juga kalau didaur ulang pasti ada nilainya ya gan.. siip dah artikelnya.

jangan lupa kunjungan baliknya ya gan.
thanks

Coretan Tentang Kesehatan mengatakan...

kunjungan rutin gan, hehe sorry ya blogwalking.
jangan lupa kunjungan baliknya. thanks ya.

Cara Menyembuhkan Peradangan Di Hati mengatakan...

bagus sekali kreatif dan unik ini harus segera di kembngkan karena potensi nya yang cukup luarbiasa untuk manfaat semua orang

Cara Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa mengatakan...

bermanfaat sekali gan artikelnya.. thanks ya

Coretan Tentang Kesehatan mengatakan...

Limbah juga menjadi berharga apabila kita pandai mengolahnya

Obat Herbal Tuntaskan Penyakit Tipes mengatakan...

Selamat dan Sukses untuk SMKN3 Madiun.
mudah-mudahan kedepan nya menghasilkan kreasi" yang lebih bermanfaat lainnya.

Obat Tradisional Penyakit Lupus yang Alami mengatakan...

Obat Tradisional Penyakit Lupus yang Alami

Pengobatan Alami Lupus Paling Ampuh

Unknown mengatakan...

Sukses terus buat semuanya :)
Apotek Jelly Gamat Gold G

Obat Liver Alami

Obat Herbal Paru-Paru Basah Pada Anak

Obat Herbal Usus Buntu Kronis

Cara Mudah Kuras Septic tank Penuh mengatakan...

kalo di pakai di TPS
bakalan jadi juragan minyak

Obat Penyakit Tulang Rakitis Tradisional mengatakan...

sangat menarik dan penuh hal hal baru
lanjutkan gan memposting yang lainnya , ditunggu

Obat Serba Guna mengatakan...

keren
Pengobatan Kolesterol Alami
Pengobatan Alami Mata Kering yang Ampuh

Obat Pencegah Tulang Keropos Tradisional mengatakan...

Setelah sayah membaca semua isi disini,sungguh sangat louarbiasa ini pengalaman baru dan banyk sekali hal-hal yang sayah dapatkan setelah membacanya

Obat Pereda Sinusitis Tradisional mengatakan...

terimakasih untuk informasinya,ini sangat memberikan kami sebuah pengetahuan dan wawasan baru yang sebelumnya tidak mengetahuinya

cara mengatasi warna kulit wajah tidak merata mengatakan...

terimakasih banyak untuk informasinya,senang ikut berpartisipasi berkomentar disini

Obat Tradisional Kanker Payudara yang Alami Ampuh mengatakan...

keren banget deh

obat penghilang vitiligo tradisional mengatakan...

sangat menarik dan penuh hal hal baru
lanjutkan gan memposting yang lainnya , ditunggu
cara menghilangkan vitiligo secara alami

serbuk pengurai limbah mengatakan...

terimakasih banyak
infonya menarik bermanfaat
penuh wawasan terus share info lainnya

kuras septic tank dengan mudah tanpa sedot mengatakan...

menarik sekali infonya
bagus bermanfaat
terimakasih banyak

kampung inggris mengatakan...

ijin share gan

seminar internet marketing mengatakan...

nice gan

Cara Atasi WC Tersumbat Dengan Starbio plus mengatakan...

saya sanagt suka sekali dengan artikel nya
mudah di mengerti

BELAJAR BAHASA mengatakan...

plastik perlu diolah dengan alat khusus, karena uap hasil pembakaran plastik berbahaya bagi paru-paru

Posting Komentar

Terimakasih yang udah mau comment, salam blogger!
(nb : bwat yg g punya akun google, pilih 'name/url' ato 'anonymous' aja, thnks)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes